Jumat, 04 Maret 2016

pandang islam tentang gerhana matahari

ASSALAMU ALAIKUM,BISMILLAH ,SAYA AKAN MENJELASKAN TENTANG FENOMENA GERHANA MATAHARI MENURUT PANDANGAN ISLAM,sebagi berikut:



Gerhana Matahari sudah muncul sejak zaman dahulu kala, tak terkecuali pada zaman Nabi Muhammad SAW. Peristiwa itu tercatat sebagai hari monumental dalam sejarah Islam.

Seperti dikutip situs Bibalex, Senin (29/2/2016), peristiwa gerhana Matahari terjadi pada 27 Januari 632, hari itu bertepatan dengan meninggalnya putra Rasulullah, Ibrahim. Peristiwa gerhana sontak dikaitkan dengan kematian tersebut.

Pada saat itu, Rasulullah menjelaskan bahwa peristiwa gerhana matahari dan Bulan bukan pertanda buruk, melainkan fenomena kosmik yang menunjukkan kebesaran Allah.

Setiap muslim melakukan salat lima waktu setiap hari, namun selama fenomena gerhana, umat muslim dapat melakukan salat sunah khusus gerhana. Ini dilakukan untuk mengingat Allah Sang Maha Pencipta.

Sekadar informasi, pengurus Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan pelaksanaan Salat Gerhana menyambut terjadinya gerhana matahari total pada 9 Maret.

"Dalam rangka menyambut kebesaran Allah SWT fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT), dilakukan persiapan dan dijadwalkan salat gerhana matahari pada Rabu pagi 9 Maret 2016," kata pengurus masjid Syukri Mascik di Palembang.

Gerhana matahari total merupakan fenomena alam yang cukup langka dan hanya bisa dilihat di sejumlah daerah wilayah Indonesia.
Salat dua gerhana
Salat dua gerhana atau salat kusufain berarti salat dua gerhana atau salat yang dilakukan saat terjadi gerhana bulan maupun matahari. Salat yang dilakukan saat gerhana bulan disebut dengan salat khusuf; sedangkan saat gerhana matahari disebut dengan salat kusuf

Tata cara sholat kalau gerhana matahari.
Salat gerhana dilakukan dua rakaat dengan 4 kali rukuk yaitu pada rakaat pertama, setelah rukuk dan Iktidal membaca Al Fatihah lagi kemudian rukuk dan iktidal kembali setelah itu sujud sebagaimana biasa. Begitu pula pada rakaat kedua.

Bacaan Al-Fatihah pada salat gerhana bulan dinyaringkan sedangkan pada gerhana Matahari tidak. Dalam membaca surat yang sunnat pada tiap rakaat, disunnatkan membaca yang panjang.

Hukum salat gerhana adalah sunnah muakkad berdasarkan hadis Aisyah.[butuh rujukan] Nabi  dan para sahabat melakukan di masjid dengan tanpa adzan dan ikamah.[butuh rujukan]

Tata cara salat gerhana adalah sebagai berikut:

Memastikan terjadinya gerhana bulan atau matahari terlebih dahulu
Salat gerhana dilakukan saat gerhana sedang terjadi
Sebelum salat, jamaah dapat diingatkan dengan ungkapan, "Ash-salatu jaami'ah"
Niat melakukan salat gerhana matahari atau gerhana bulan, menjadi imam atau makmum
Salat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat
Setiap rakaat terdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud
Setelah rukuk pertama dari setiap rakaat membaca Surah Al-Fatihah kembali
Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surah kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua.
Misalnya rakaat pertama membaca Surah Yasin dan Surah Ar-Rahman, lalu rakaat kedua membaca Surah Al-Waqiah dan Surah Al-Mulk
Setelah salat disunahkan untuk berkhutbah
Menurut Habib Munzir bin Fuad Al Musawwa, panduan singkat mengenai salat gerhana caranya adalah ada tiga cara :

yang termudah adalah dengan dua rakaat sebagaimana salat subuh;
dua rakaat, dan setiap rakaat adalah dengan dua rukuk dan dua kali berdiri, urutannya adalah:
Takbiratul ihram, lalu Qiyam, fatihah, surah, rukuk, lalu berdiri lagi, membaca Surah Al-Fatihah, rukuk, lalu iktidal, lalu sujud, duduk sujud, lalu bangkit ke rakaat kedua dengan hal yang sama;
dua rakaat sebagaimana poin kedua di atas, namun dipanjangkan, lalu diakhiri dengan dua khutbah selepas salat.
"Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html